Google Yahoo Msn
Home » , , , , , , , , » Kangkung mengandung vitami B6

Kangkung mengandung vitami B6

Di poskan oleh Yasha Bird Farm Pada hari Thursday, December 25, 2014 | Thursday, December 25, 2014

Kandungan vitamin B6 (piridoksin) pada kangkung juga tertinggi dibandingkan dengan jenis sayuran lain, yaitu 0,3 mg / 100 gram kangkung. Sayuran lain memiliki kandungan vitamin B6 rata-rata 0,1 mg. Hanya paprika merah yang memiliki kadar vitamin B6 yang sama seperti kangkung.

Fungsi vitamin B6 juga dahsyat untuk lovebird, meski sebagian diantaranya merupakan repetisi dari fungsi vitamin lainnya. Berikut ini beberapa manfaat vitamin B6 atau piridoksin :
Meningkatkan energi, sekaligus membantu melawan penyakit. Jadi, selain staminanya lebih bagus, gangguan awal penyakit bisa diatasi secara lebih cepat. Ketika burung lain terserang penyakit, ia masih bisa bertahan, tergantung dari tingkat keganasan penyakit itu sendiri.
Membantu perkembangan otak burung.

Lovebird, sebagaimana burung parrot lainnya, memiliki tingkat kecerdasan melebihi burung-burung pada umumnya. Lovebird yang kecukupan vitamin B6 akan memiliki perkembangan otak yang lebih bagus daripada burung yang kekurangan vitamin tersebut. Ia akan mampu merekam suara burung master dengan lebih baik, dan mampu menyimpan lebih lama dalam memori otaknya.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin B6 dapat memecah protein dan asam amino, sehingga terbentuk senyawa seperti histamine, dopamine, adrenalin, serta serotonin. Senyawa serotonin inilah yang digunakan untuk menjaga sistem imun yang baik
Membantu perkembangan saraf pada anakan lovebird, yang akan menguatkan sistem saraf hingga dewasa, serta mengurangi risiko kelumpuhan maupun gangguan saraf lainnya.
Menjaga kadar gula darah, sehingga bisa menekan risiko terkena diabetes.

Salah satu kekurangan dari kangkung adalah tidak mengandung vitamin E, yang sebenarnya penting untuk meningkatkan kesuburan sel sperma lovebird jantan serta kesuburan sel telur (ovum) lovebird betina. Selain kangkung, sayuran lain yang tidak mengandung vitamin E adalah lobak.

Namun Anda tidak perlu panik. Sebab ketiadaan vitamin K ini sebenarnya akan tertutupi dari bahan pakan yang lain, terutama pakan biji-bijian dan jagung. Selain itu, jika masih ragu dengan kecukupan vitamin K, Anda bisa menggunakan multivitamin seperti BirdVit, yang bisa menutupi “lubang-lubang” atau kekurangan vitamin tertentu pada burung penangkaran maupun burung piaraan.

0 comments:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *